PENGERTIAN ANIMASI 3D DAN 4D

3 comments
Contoh Software Animasi 3D dan 4D

Pengenalan

Perkembangan teknologi dan komputer juga berdampak pada film di dunia dengan menggunakan 2 dimensi berkembang menjadi 3D. Film 2D biasanya terdapat pada film kartun , sedangkan 3D dapat berupa film kartun atau berupa manusia. Film 2D memberikan kelebihan dalam penayangan yaitu memiliki suara yang jernih, gambar lebih halus serta gambar yang telah di sensor hamper tidak terlihat. Kelemahannya film 2D yaitu kualitas hasil proyeksinya lebih kecil daripada film pada biasanya, dimana layar akan lebih kecil dikarenakan jika menggunakan layar lebih besar kualitasnya akan semakin berkurang. Film 3D, kualitas 3D memberikan tayangan tiga dimensi atau terlihat lebih nyata dengan menggunakan bantuan alat kacamata khusus. Jika tidak menggunakan kacamata khusus 3D gambar akan terlihat blur atau buram. Kacamata yang sering digunakan pada format film 3D adalah Red/Cyan dimana red di kiri dan cyan di kanan . kelemahannya adalah film format 3D tidak disertai dengan terjemahan atau subtitle dikarenakan jika disertai subtitle akan mengurangi kualitas film.


Animasi 3D


Pada penayangan film 3D menggunakan dua proyektor yaitu interlocking atau dengan menggunakan satu proyektor tetapi memiliki dua lensa. Beberapa merk proyekor yang sering digunakan pada sinema digital adalah barco, sony, kinoton, dan Christie. Berikut ini bebera system penayangan sinema digital pada film 3D :

Real D adalah system 3D yang digunakan karena efek 3D yang dihasilkan akan terus stabil tidak akan mengurangi kualitas film jika ditonton pada posisi kepala menunduk atau mendongak. Dikarenakan teknologi yang pakai menggunakan circular polarization yang terdapat di lensa kacamata dan perangkat yang berfungsi sebagai pengatur pencahayaan yang terpasang di optic proyektor. Didepan lensa proyektor, Real D memasang filter polarisasi. Silver screen merupak layar khusus pada system Real D.
Dolby 3D dengan menggunakan teknologi colorwheel yang terdapat beberapa filter berwarna dengan fungsi mentransmisikan gambar dengan macam-macam level gelombang cahaya berguna dalam menayangkan efek gambar 3D. Pada Dolby 3D dipasang cakram spectrum warna didepan lampu proyektor untuk memodifikasi proyektor digital.
IMAX 3D merupakan suatu perusahaan bidang teknologi bioskop dimana awalnya hanya ikut dalam penayangan serta pengambilan gambar yang ber resolusi lebih tinggi 35 mm pada format filmnya yaitu 70 mm proyektor untuk penayangan dan 65 mm film negative pada kamera IMAX. Perkembangan teknologi membuat kualitas gambar menjadi lebih baik dari 2K dalam 2 proyektor menjadi 4K dalam satu proyektor.
Grafika 3D adalah representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Data matematis ini belum bisa dikatakan sebagai gambar grafis hingga saat ditampilkan secara visual pada layar komputer atau printer. Secara umum prinsip yang dipakai mirip dengan grafika komputer 2D, dalam hal penggunaan algoritma, grafika vektor, dan grafika rasternya. Proses penampilan suatu model matematis ke bentuk citra 2D biasanya dikenal dengan proses 3D rendering.
Software animasi 3D mempunyai fasilitas dan kemampuan yang canggih untuk membuat animasi 3 dimensi. Fasilitas dan kemampuan tersebut antara lain, membuat obyek 3D, pengaturan gerak kamera, pemberian efek, import video dan suara, serta masih banyak lagi. Beberapa software animasi 3D mempunyai kemampuan khusus, misalnya untuk animasi figure(manusia), animasi landscape (pemandangan), animasi title (judul), dll. Karena kemampuannya yang canggih, dalam penggunaannya diperlukan pengetahuan yang cukup tinggi dan terkadang rumit.
Contoh dari software ini adalah:
1.       Cinema4D
Software grafis ini termasuk dalam high-end 3D computer graphics, dengan kemampuan polygonal/subd modelling, animating, lighting, texturing dan rendering, software ini di gunakan oleh banyak perusahaan film untuk membuat film film berkualitas tinggi seperti:
The Golden Compass, Beowulf, all three Spider-Man films, Surf?s Up, Fantastic Four: Rise of the Silver Surfer, Ghost Rider, Open Season, all three Pirates of the Caribbean films, Monster House
2.       3D max
3D Studio Max merupakan salah satu software yang ada untuk membantu para
designer modeling 3 dimensi membuat karyanya dengan mengembangkan ide dan
imajinasinya kedalam bentuk visual.
3.       AutoCAD
AutoCAD merupakan sebuah program yang biasa digunakan untuk tujuan tertentu dalam menggambar serta merancang dengan bantuan komputer dalam pembentukan model serta ukuran dua dan tiga dimensi atau lebih dikenali sebagai “Computer-aided drafting and design program” (CAD). Program ini dapat digunakan dalam semua bidang kerja terutama sekali dalam bidang-bidang yang memerlukan keterampilan khusus seperti bidang Mekanikal Engineering, Sipil, Arsitektur, Desain Grafik, dan semua bidang yang berkaitan dengan penggunaan CAD. Sistem program gambar dapat membantu komputer ini akan memberikan kemudahan dalam penghasilan model yang tepat untuk memenuhi keperluan khusus di samping segala informasi di dalam ukuran yang bisa digunakan dalam bentuk laporan, Penilaian Bahan (BOM), fungsi sederhana dan bentuk numerial dan sebagainya.


ANIMASI 4D


Setelah sukses dengan animasi 3D, para animator kini sudah mengembangkan pula animasi berbentuk 4D. Sebenarnya tehnologi ini telah menjadi ide matematika dan aplikasi untuk beberapa waktu, tapi sekarang melalui teknologi komputer, telah diluncurkan ke film dan proyek animasi lainnya.

Pengertian
Bila secara visual melihat sebuah objek 4D, ada ditambahkan mendalam dalam bayangan dan bagaimana kita memandang cahaya pada objek. Ketika cahaya mengenai objek 4D, bayangan yang dilemparkan adalah salah satu yang membuat objek 3D tampaknya memiliki lebih banyak sisi. Contoh lain adalah dalam hal kubus 4D. Bila hanya melihat itu garis besar, ketika sumber cahaya mengenai kubus dari atas, bayangan kemudian dilemparkan dari sebuah kubus 3D dalam kubus 3D lain semua bagian dalam 4D kubus luar. Persepsi kedalaman menambahkan ini berasal dari dimensi tambahan.

Pertimbangan
Karena manusia hanya bisa melihat dalam 3D, 4D adalah sebuah konsep yang kita tidak bisa sepenuhnya melihat pada kita sendiri. Program komputer dan metode lain adalah satu-satunya cara untuk membantu orang lebih memahami gagasan 4D. Salah satu cara untuk melihat ide 4D adalah dalam metode proyeksi, di mana program mengambil gambar 4D dan tempat-tempat itu di pesawat 3D. The 4D gambar diproyeksikan, dan kemudian kita dapat belajar dengan pencahayaan yang berbeda dan bayangan untuk mendapatkan visual yang lebih baik untuk dimensi spasial.

Potensi
Animasi yang paling umum digunakan dan aplikasi artistik Cinema 4D. Animator memanipulasi gambar dalam 3D, memberi mereka poin tetap disebut simpul. Simpul kemudian terhubung, permukaan dimasukkan ke dalam tempat dan kemudian beberapa pesawat yang dibuat. Karena dimensi yang Anda lihat dalam benar-benar merupakan salah satu dimensi yang lebih rendah dari yang Anda menafsirkan, program komputer memungkinkan kita untuk memanipulasi dimensi keempat sehingga kita dapat menghidupkan dalam dimensi ketiga. Itu adalah ketika foto-foto masih kita lihat tampak melompat keluar pada kami.

Manfaat
Animasi dan produksi studio telah mengambil teknologi ini berkembang dan berjalan dengan itu, pemasaran untuk khalayak film yang bisa ditafsirkan dalam 3D, sedangkan gambar tampak melompat dari layar. Hal ini dengan program komputer yang memanfaatkan dimensi keempat yang kita konseptual dapat melihat dalam 3D. Disney, Pixar, Sony dan IMAX merupakan contoh studio yang telah dibuat dan dipromosikan kartun dengan cara ini, dengan Polar Express, Rakasa Rumah dan Open Season sebagai film seperti beberapa, tapi hari ini, banyak film memanfaatkan aspek 4D.


Contoh software pembuatan 4D saat ini yaitu Cinema4D dan Mediamation
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

3 comments